ini tentang cinta

ini tentang cinta..ya..ini tentang rasa...juga asa...

Selasa, 06 Juli 2010

bersyukur (panjang ceritanya)

posting ini terinspirasi dari comment sailor usagi di posting saya sebelumnya...
tentang bersyukur...syukur...syukurin lo! (loh?) :p

bersyukur itu memang susah...
saya juga ga bilang kalo saya orang yang ahli dalam bersyukur..
saya masi sering melewatkan hari dengan marah-marah..membiarkan orang yang saya sayangi pergi dengan kata-kata terakhir yang saya ucapkan padanya adalah bentakan-bentakan...
kadang masi pengen ini-itu yang saya ga punya tapi orang lain punya...
ya...bersyukur itu memang susah..
tapi..sejujurnya, bukan saya membanggakan diri, tapi saya bisa melihat diri saya yang sekarang lebih bisa bersyukur...

dimulai ketika saya masuk kota solo...
dari kota balikpapan, yang high class..sumpah!..apa-apa disana mahal!..nyari orang yang tulus disana lebih mahal!..apalagi nyari orang yang bersyukur?..kaya nyari jarum ditumpukkan jerami!...well..itu lingkungan yang saya punya...tentang dunia dan perhiasannya..dan saya pun terbawa arusnya...

lalu ketika saya masuk solo..
well...saya mulai belajar "nerimo" ..seperti layaknya orang solo..
karena saya pun merasa "diterima" dikota ini...dengan segala kekurangan saya, yang masih canggung akan kebudayaan solo, "unggah-ungguh" solo...tapi teman-teman saya ga masalah tu?? (mungkin karena mereka juga ga ada unggah ungguh nya? XD) .

lalu saya disentil sama Allah SWT..
waktu saya kehilangan pacar saya yang pertama...3,5 tahun..dan kita putus..
ga penting "kenapa" nya..tapi "apa" yang saya dapat dari peristiwa itulah yang paling penting..
kita baru bisa menghargai apa yang kita dapat setelah kita kehilangan...
kita baru menyadari sesuatu itu "ada" setelah dia "ga ada" .
dan rasa terburuk yang bisa kamu dapatkan dalam hidup, rasa yang paling pahit dari semua rasa, adalah.. p e n y e s a l a n .

seberapa keraspun kamu menangis...
seberapa kuat inginmu untuk mengubah semua yang telah terjadi...
tapi ga bisa.....semua sudah terjadi dan ga akan bisa diulang...
itu yang membuat lubang dihatimu...semakin besar penyesalanmu, semakin besar lubang dihatimu..
semakin banyak hal yang kamu sesalkan, semakin banyak lubang dihatimu..

itu yang ku dapat..dan itu yang mengubahku...mengubah sebagian besar diri dan hatiku...
aku mulai lebih menghargai setiap detik yang ada...
dan...jengjenggg...saat saya ingin belajar bersyukur, saya bertemu KUNGKONG...

you know,
kungkong yang kukenal dulu....huuufth...adalah orang yang amat sangat nyebelin dan egois..
saya ga suka chanell TV yang dia suka, marah.
saya suka aktor TV yang dia ga suka, marah.
saya nangis kalo lagi berantem , dia PULANG gitu aja.
saya ga angkat telpon sekali (ga denger biasanya), dia bales saya ga angkat telpon saya seharian plus ga ngebales sms saya..
dia bole pasang muka cape didepan saya, dan saya harus bisa ngemanjain dia, seperti yang dia mau.
tapi kalo giliran saya yang cape?....oke...dia lebih milih pulang..

itu hanya BEBERAPA...kebayang seberapa sering kita berantem??...hooo...saya pernah sampe "ngilang" dari solo...dan kita uda mau putus beberapa kali..

well..waktu-waktu itu, saya lebih sering ngalah..
ga tau...saya orangnya keras hati...tapi sejak "kehilangan" itu, saya lebi banyak berpikir untuk mengeraskan hati saya..
kalo kita berantem...ya..saya tau bukan saya yang salah..
tapi...kalo dibiarkan gitu aja..nunggu kungkong yang minta maaf, akan sulit sekali..
dan saya berpikir, kalo saja, "besok" itu ga ada, saya ga mau ada rasa menyesal lagi..
"andai saya mau membesarkan hati dan meminta maaf, masalahnya selesai..dan mungkin saya bisa memberi pengertian sama kungkong pelan-pelan, aku harus bisa mensyukuri dan menggunakan setiap detik yang ada dalam hidupku"...
pikiran itu yang selalu muncul waktu kita berantem..dan itu yang membuat saya lebih mudah untuk meminta maaf.. "terserah buat kamu, tapi buat ku, yang penting aku ga mau nyesal lagi, lagian apa susahnya minta maaf?..bukan berarti kalah, tapi kata maaf bisa meredam amarah..kalo amarah udah bisa keredam, baru kita bisa berbiicara"... itu kata hati saya.

dan saya tau, kepribadian kungkong yang seperti itu, ada "latar belakangnya" ...saya harus rajin2 memperhatikan setiap hal terkecil dari dirinya, biar saya tau setiap "alasan" dari perilakunya..
saya mengerti, tapi bukan berarti saya biarin...harus sedikit-sedikit dirubah..dengan "cara" yang pas.. :) ..

saya yang mintaa maaf duluan...
saya yang ga cape2nya nelpon/sms biar dia ga ngangkat/bales sms saya...biasanya dulu sampai "30 missed call" .
kalo dia tinggal saya pulang pas saya nangis ya uda...saya nangis sendirian...baru besoknya saya ngasih dia pengertian..dan kungkong..masi dengan sikap angkuh dan kerasnya...
inget..sabar itu ga ada batasnya....sabar kok punya batas??..ketika kita uda ga bisa lagi sabar, itu berarti kita uda "nyerah" ...

saya harus ngajarin dia sabar, dengan menunjukkan sabar itu yang bagaimana..
saya harus ngajarin dia "lembut" , dengan nunjukkin lembut itu yang bagaimana..
saya harus ngajari dia tentang "mengerti", dengan belajar memahami setiap tingkah lakunya..
saya harus ngajari dia "berbicara" yang bener, dengan cara saya juga belajar untuk selalu berbicara yang "bener" waktu ngasi dia pengertian...no bentakkan..no teriakkan..no...kucing aja diteriakin males..apalagi orang?..
saya harus ngajari dia bersyukur, dengan saya juga menyukuri setiap detik yang ada..mengusahakan setiap detik yang ada itu, detik yang menyenangkan buat dikenang.

dan kesabaran selalu berbuah kebaikan..
liat kungkong yang sekarang?
sekarang, sejujurnya saya yang lebi sering marah2..dan dia uda bisa sabar.. :)
dia yang suka "main2" ama kaum hawa (cita2 jadi playboy), nyantol sama saya..hhee..nyantol sama kesabaran saya lebih tepatnya.. :p ..
banyak....banyak perubahan darinya..dan kebahagian yang saya punya..

well..cerita kita masih berlanjut...kita berdua masih belajar...sampe detik ini...masi sering berantem..tapi sudah jauh berkurang dari yang dulu...berantem ga sampe setengah hari...karena uda mulai belajar sama2 menghargai setiap detik yang ada...

apa jadinya kalo saat ini kita berantem..saling bentak..teriak, trus dia pergi..dan dijalan...somthing happen...lalu...puuufth!..semua hilang begitu aja..tanpa ada kesempatan buat kita meminta maaf..mengatakan "love you haniyh.." ...
amin.

beryukur...berusaha selalu bersyukur...
kungkong yang mensyukuri dan menerima segala kekurangan saya...ga hanya mencintai kelebihan saya, tapi juga kekurangan saya..saya yang lemot...pelupa...ceroboh...penyakitan..saya paling suka, ketika kekurangan2 saya itu lagi "muncul" , responnya hanya tertawa..membelai kepala saya kaya lagi mbelai anak kecil...ato kalo lagi kesel dia njewer kuping saya..tapi ngomel2nya masi pake "bumbu sayang" .. :) ...aku sukka...coba kalo dulu...huffth..saya kaya ketemu setan!marah2 nya lebay! :s .

ni salah satu notes kungkong yang saya suka di FB saya :

hari ini aq bilang apapun dan bagaimanapun aq sudah menyayangimu atas apa yg sudah aq ketahui maupun belum. dan aq memahami sepenuhnya apa yang harus aq jalani. yang perlu kamu lakuin cuman tersenyum menyambutku pulang dengan peluhku... dan besarkan hatiku saat aq merasa kecil....
"i luv u n what ever it takes every things will be allright if your hand still hold me tight and walk beside me together forever n ever....."
sleeptight beeib get better soon yah... muah.. ~haniyh~ [^^]v

2 komentar:

bee mengatakan...

psnjsng yak??..kan uda aku bilang.. :p

SaNdRuuu mengatakan...

iye mba..
panjang benerrr..
hahaha
tapi sukak!
:)